[Stock : Tersedia] STRUKTUR BAJA Edisi ke-2

  • Kode Produk: 003
  • Ketersediaan: Tersedia
  • Rp 300.000

Book
Format Hard Cover
Status Buku Status buku saat ini adalah [Stock : Tersedia] Karena padatnya order buku dan saat ini Team LUMINA Press sedang fokus pada penjualan buku pada Seminar dan Pameran HAKI 2016, Maka order yang diterima mulai Senin 22 Agustus 2016, Buku akan dikirimkan setelah buku terbit atau selambat-lambatnya tgl 29 Agustus 2016. Untuk pembelian Pre-Order yang telah lunas Sebelum Tgl 22 Agustus 2016 , Buku akan dikirimkan pada Senin, 22 Agustus 2016. Pengiriman buku akan dilakukan dengan menggunakan jasa kurir JNE. Lama waktu perjalanan / pengiriman sesuai dengan prosedur JNE. Kami akan menginformasikan No. Resi JNE dan pengiriman buku tersebut via email (mohon periksa INBOX / SPAM email anda) selambat-lambatnya tgl 31 Agustus 2016.


STRUKTUR BAJA Edisi ke-2.

Perilaku, Analisis san Desain. AISC 2010.

Status buku saat ini adalah [Stock : Tersedia]


Karena padatnya order buku dan saat ini Team LUMINA Press sedang fokus pada penjualan buku pada Seminar dan Pameran HAKI 2016,

Maka order yang diterima mulai Senin 22 Agustus 2016, Buku akan dikirimkan setelah buku terbit atau selambat-lambatnya tgl 29 Agustus 2016.


Untuk pembelian Pre-Order yang telah lunas Sebelum Tgl 22 Agustus 2016 , Buku akan dikirimkan pada Senin, 22 Agustus 2016. 


Pengiriman buku akan dilakukan dengan menggunakan jasa kurir JNE.

Lama waktu perjalanan / pengiriman sesuai dengan prosedur JNE.

Kami akan menginformasikan No. Resi JNE dan pengiriman buku tersebut via email (mohon periksa INBOX / SPAM email anda) selambat-lambatnya tgl 31 Agustus 2016.



Buku “Struktur Baja – Perilaku, Analisis & Desain – AISC 2010” yang terbit pertama kali di bulan April 2015, ternyata mendapat sambutan hangat dari para pembaca, yang datang dari kalangan mahasiswa, dosen dan para praktisi teknik sipil di Indonesia. Saat ini buku tersebut telah habis terjual dan diputuskan untuk segera dilakukan cetak ulang lagi.

Selain banyaknya permintaan akan pembelian buku, di sisi lainnya terdapat banyak juga harapan yang disampaikan agar materi yang ada ditingkatkan. Mereka berharap buku tersebut dapat menjadi teks pembelajaran di perguruan tinggi, sekaligus buku pegangan praktis insinyur untuk perencanaan struktur baja di lapangan. Itu dimaklumi karena buku tersebut saat ini adalah satu-satunya buku teks struktur baja berbahasa Indonesia yang materinya selaras dengan SNI baja terbaru, yaitu SNI 1729:2015.

Bisa disebut sesuai karena materi SNI tersebut merupakan adopsi identik dengan metode terjemahan dari AISC 360-10 Specification for Structural Steel Buildings yang diterbitkan oleh The American Institute of Steel Construction. Padahal acuan yang sama sejak awal telah dipilih sebagai rujukan utama penulisan buku ini.

Permintaan adanya peningkatan materi buku adalah kehormatan. Sesuai judulnya, maka temanya dibatasi pada dasar-dasar perencanaan struktur baja terhadap beban tetap. Jadi meskipun sudah ada tambahan ± 150 halaman baru, sehingga total buku Edisi ke-2 ini menjadi setebal ± 900 halaman, tetapi belum ada pembahasan khusus tentang struktur baja tahan gempa. Direncanakan akan ada buku tersendiri dengan judul yang lain terkait hal tersebut.

Tambahan materi pada buku Edisi ke-2 lebih kepada pendalaman dan perluasan materi, yang didistribusikan pada Bab-bab yang ada. Secara detail, tambahan yang diberikan adalah :

  Bab 5 Batang Tekan.

Batang tekan dengan elemen langsing adalah tidak efisien dan borosi. Itu alasan utamanya mengapa pada buku edisi pertama tidak dibahas. Meskipun demikian, untuk kepentingan pembe-lajaran dan menambah wawasan keilmuan bagi para insinyur maka pada buku edisi baru ini akan dijabarkan dan diberikan contoh aplikasinya.

  Bab 6 Balok Lentur.

Ada beberapa tambahan tentang perencanaan terhadap beban terpusat yang lebih detail. Tambahan tentang balok komposit. Sekaligus strategi perencanaan balok yang optimal berbasis grafis sebagaimana dijumpai pada manual AISC hanya saja te-lah disesuaikan memakai profil yang banyak dijumpai di Indo-nesia. Cara ini tentu sangat membantu perencanaan struktur baja secara praktis.

  Bab 8 Sambungan Struktur.

Perubahannya adalah [1] Susunan secara keseluruhan ditulis ulang, dirombak agar lebih sistematis; [2] Diulas pemakaian baut mutu tinggi yang setara, yaitu baut A325 dan Grade 8.8. Meskipun setara, apa dapat saling menggantikan; [3] Dibahas sambungan baut terhadap tarik dan efek prying, sekaligus jika baut ada tegangan kombinasi; [4]. Ulasan terkait sambungan end-plate yang ada pada versi lama, tetapi pada edisi ke-2 ini lebih detail dan dibahas aplikasinya pada sambungan portal rigid yang biasa dijumpai pada bangunan bertingkat.

Tulis ulasan
Catatan: HTML tidak diterjemahkan!
    Jelek           Bagus